Selamat Datang di Blog Pribadi saya ini, Blog ini berisi beberapa Artikel, banyak hal yang Anda alami ketika berkunjung ke Blog ini, terima kasih atas kunjungannya. Welcome to the Personal Blog, this blog contains a variety of articles, thank you for your visit.

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Wednesday 9 November 2016

SOMBA

Somba artinya "sembah" dan juga "hormat".  Jika dikatakan "somba marhula-hula atau somba marnatua-tua" artinya hormat kepada hula-hula (pihak keluarga wanita/isteri) atau hormat kepada orang tua.  Somba terhadap hula-hula dan orang tua dalam hal ini bukan sebagai perwujudan "takluk" atau "tunduk" tetapi ungkapan penghargaan dan penghormatan (pantun=etika/sopan santun).

Suku Batak sangat menjunjung tinggi sikap "somba".  Adat somba atau etika hormat merupakan nilai-nilai luhur pada tata adat istiadat di kalangan Suku Batak, dan ajaran moral yang selalu ditanamkan leluhur Batak kepada keturunannya.  Seperti petuah pada umpasa berikut:

 Mumpat pe talutuk sesa gadu-gadu,                          
ianggo ruma ingkon hot di parbatuna;
Muba pe adat naung buruk ala ro adat na imbaru,
ianggo adat somba ingkon hot do di ruhutna.
 artinya :
            Walaupun tercabut tiang peyangga, terhapus pematang
            Tetapi rumah harus tetap berdiri kokoh di atas batu pondasinya
            Berubah pun adat yang lama karena ada adat yang baru
            Tetapi adat sembah/hormat harus senantiasa lekat pada tata aturannya.
Sembah yang takzim dikatakan "marsomba di sampulu jari tangan, pasampulu sada simanjujung" atau menyembah dengan sepuluh jari tangan, kesebelas dengan kepala.

No comments:

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages