Selamat Datang di Blog Pribadi saya ini, Blog ini berisi beberapa Artikel, banyak hal yang Anda alami ketika berkunjung ke Blog ini, terima kasih atas kunjungannya. Welcome to the Personal Blog, this blog contains a variety of articles, thank you for your visit.

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday 3 July 2018

Hari Ini 3 Juli 2018 Pengumuman Hasil SBMPTN 2018, Perhatikan hal-hal ini..!!

Hari Ini Pengumuman Hasil SBMPTN 2018, Cari Namamu di detikcom! Berebut kursi perguruan tinggi negeri lewat SBMPTN 2018. (Grandyos Zafna/detikcom)

Jakarta - Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 akan diumumkan hari ini Simak pengumumannya di berbagai situs yang mengumumkannya.

"Kelulusan SBMPTN 2018 akan diumumkan pada hari Selasa tanggal 3 Juli 2018 pukul 17.00 WIB," demikian pengumuman dari panitia SBMPTN.

Ada 860.001 peserta SBMPTN yang memperebutkan 135 ribu kursi PTN. Ujian telah digelar serentak secara nasional pada 8 Mei lalu.



Sistem ujian dibagi menjadi dua. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) diikuti 833.820 orang dan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) diikuti 26.181 orang.

Pengumuman SBMPTN 2018, Perhatikan Hal-hal Ini! Kartu peserta SBMPTN 2018. Foto: Hilda Meilisa Rinanda
 

Kamu peserta SBMPTN 2018? Perhatikan hal-hal berikut ini sambil menunggu pengumuman:

Jumlah Peserta dan Jumlah Kursi


Ada 860.001 peserta SBMPTN 2018. Sedangkan jumlah kursi yang diperebutkan adalah sekitar 135 ribu.

Menurut Peraturan Menristekdikti no 90 tahun 2017, perencanaan kuota program studi adalah 30 persen dari daya tampung program studi di universitas yang bersangkutan. Perencanaan kuota ini sama dengan jatah untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Sistem Penilaian

SBMPTN tahun ini memakai sistem penilaian yang berbeda. Bisa saja peserta mendapat nilai berbeda dengan peserta lainnya meski jumlah soal yang dijawab sama.

Dikutip dari situs SBMPTN, ada 3 tahap penilaian yakni yang pertama adalah setiap jawaban benar diberi nilai 1 dan yang salah diberi nilai 0. Tahap kedua yakni pemberian bobot tingkat kesulitan setiap soal berdasarkan respons jawaban seluruh peserta. Kemudian tahap ketiga yakni pemberian nilai kepada setiap peserta sesuai dengan bobot soal yang dijawab.

Masih Ada Alternatif Lain

Buat yang tak lolos SNMPTN dan SBMPTN, jangan buru-buru kecewa. Masih ada alternatif lain, kok.

"Bagi yang belum (lolos) jangan khawatir, masih banyak perguruan tinggi yang memberikan peluang untuk penerimaan mahasiswa barunya," kata Menristekdikti M Nasir seusai menjadi keynote speaker 30 th anniversary ceremony di Auditorium Sukadji Ranuwihardjo MM FEB UGM Yogyakarta, Senin (2/7).

Sejumlah PTN membuka pendaftaran bagi para peserta SBMPTN yang belum lolos lewat seleksi mandiri seperti IPB, Unair, Undip, Unhas, Unsri, UGM, dan lain sebagainya. Bahkan ada PTN yang memakai nilai SBMPTN sebagai dasar proses seleksinya.

Ada pula PTN seperti ITB yang tidak menggelar seleksi mandiri. Sementara itu UI sudah menggelar seleksi mandiri dan tinggal menunggu pengumuman pada 6 Juli 2018.

No comments:

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages